Minggu, 10 Juli 2011

Gaya Hidup Sehat Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan pada bebrbagai hal, termasuk pada bidang gaya hidup yang sehat. berikut ini adalah beberapa contohnya, yaitu :

1. Gaya Makan dan minum. Makanlah selagi lapar dan berhentilah sebelum kenyang, Isilah perutmu sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk udara. Makan selagi lapar dapat menyebabkan prosoes penyerapan makanan lebih cepat dan banyak yang terserap dan sedikit yang tertimbun menjadi lemak dan menjadikan tubuh menjadi lebih gesit dan tidak lamban dalam bergerak. berhentilah sebelum kenyang dapat meningkatkan efek kepuasan terhadap makanan tersebut tidak menurun. kalau Istilah ekonominya The Diminshing return of Utility nya pada tahap - tahap yang pertama yaitu pada tahap maksimal sebab ketika dilanjutkan terus maka terjadi penurunan dan terus menurun hingga minus yang menyatakan sudah ahrus dihentikan makanan tersebut. Isilah perutmu sepertiga untuk makanan sepertiga minuman dan sepertiga lagi untuk udara, hal ini untuk memudahkan proses pencernaan karena proses pembakaran makanan dalam tubuh yang menghasilkan energi membutuhkan udara yang cukup dalam tubuh. Nabi Muhammad SAW juga melarang meniup makanan dan minaman yang panas karena dapat menimbulkan reaksi kimiawi yang berbahaya. Nabi Muhammad SAW juga mencela orang yang minumnya seperti unta yaitu yang minum dengan 3 kali tenggak sekaligus, karena hal ini dapat menyebabkan tersedaknya air kedalam rongga pernafasan dan dapat menyebabkan kematian. Nabi Muhammad SAW juga tidak mencampur adukan makanan yang berasal dari hewan laut dan hewan daratan karena masing-masing memiliki ion - ion yang berbeda-beda dan dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bila terus dilakukan.

2. Posisi tidur. Pada posisi tidur, Nabi Muhammad SAW selalu miring pada sebelah kanan. Hal ini dilakukan agar jantung manusia yang terletak pada dada sebelah kiri tidak tertekan dan posisi ini juga membuat agar kita dapat bangun sholat malam.

3. Saat masuk WC, Nabi Muhammad SAW memasuki WC dengan kaki kiri dan memakai alas. sebagian besar manusia kekuatan terbesar terletak pada kaki kanan, sehingga ketika memasuki WC dan apabila terpeleset kaki yang lebih kuat (kanan) dapat menopang terlebih dahulu. selain itu juga disunahkan memakai alas kaki karena setelah dianalisa dilantai kamar mandi itu terdapat berjuta-juta penyekit yang dapat masuk lewat pori-pori pada telapak kaki kita.

4. Saat Menoleh dipanggil oleh seseorang, Nabi Muhammad SAW ketika menoleh dipanggil oleh seseorang selalu menoleh dengan mengikutsertakan seluruh anggota tubuhnya. Hal ini mencegah terkilirnya leher dan kram pada leher karena gerakan menoleh secara mendadak dapat menyebabkan kram pada leher seseorang.

5. Kebiasaan bersiwak, Nabi Muhammad SAW sangat suka sekali bersiwak atau membersihkan gigi dan mulutnya dengan kayu siwak, setelah di analisa kayu siwak mengandung zat-zat yang dapat mencegah gigi keropos dan menghilangkan bau mulut, selain itu ternyata pada gigi dan gusi manusia itu terdapat jutaan sel-sel syaraf yang menyambung pada seluruh tubuh terutama pada gigi geraham yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

6. Kebiasaan berbekam, Nabi Muhammad SAW, suka berbekam yaitu mengeluarkan darah kotor yang terletak diantara kulit kita, darah-darah kotor tersebut adalah oksidan-oksidan yang harus dibuang karena apabila tidak dibuang akan menyebabkan tubuh manusia ini lebih rentan terkena penyakit.

7. Suka bershaum, Shaum atau puasa sunnah. Nabi Muhammad SAW sangat suka berpuasa sunah. Setelah di analisa, ternyata sebagian besar penykit itu masuk kedalam tubuh melalui makanan, jadi semakin sedikit makanan dan minuman yang masuk maka semakin sedikit kuman dan penyakit masuk kedalam tubuh manusia.

8. Kailulah atau tidur sejenak disiang hari biasanya sebelum Zhuhur. tidur sejanak pada siang hari ini ternyata dapat menyegarkan tubuh dan pada malam harinya dapat memberikan tenaga untuk shollat. Ada beberapa perusahaan di Jepang yang sudah menerapkan ini dan hasilnya kinerja peruhsaan tersebut terus meningkat karena dapat memberikan tenaga baru setelah bekerja setengah hari.

Sebenarnya masih ada banyak lagi contoh-contoh gaya hidup sehat Nabi Muhammad SAW ini, akan tetapi menimbang waktu dan tempat yang terbatas maka saya cukupkan tulisan ini dan semoga bisa bermanfaat.

Wassalam

Hasbi

Tidak ada komentar: